Resensi Film-Bhayu MH

Broken City

Year : 2013 Director : Allen Hughes Running Time : 109 minutes Genre : , , , , ,
Movie review score
1/5

Detective William -Billy- James Taggart dituduh membunuh Mikey Tavarez. Ia adalah pembunuh dan pemerkosa adik kandung dari pacar Taggart: Yesenia Barea. Namun panel juri memutuskannya tak bersalah. Hanya saja ia kemudian diminta mengundurkan diri dari dinas aktif kepolisian. Tujuh tahun kemudian, ia beralih profesi menjadi detektif swasta.

Satu ketika Walikota Nicholas Hostetler memanggilnya. Ia curiga istrinya berselingkuh. Penyelidikan Billy mendapati Cathleen istri sang Walikota justru kerap bertemu dengan Paul Andrews, manajer kampanye Councilman Jack Valliant. Ia adalah lawan sang walikota petahana dalam Pemilihan Walikota New York yang sedang berlangsung.

Masalah menjadi rumit saat Paul Andrews tewas ditembak. Dan ternyata ada rahasia besar yang disimpan sang walikota. Rahasia terkait anggaran pemerintah dalam pembangunan kawasan Bolton Village. Ada konspirasi tingkat tinggi yang dimainkan karena terkait uang 3 milyar dollar.

Secara ide, sebenarnya film ini bisa jadi menarik. Sayangnya, eksekusinya lemah. Pemilihan aktor Mark Wahlberg sebagai Billy rasanya kurang pas. Karena ia biasa bermain sebagai agen rahasia yang powerfull. Sementara di film ini Billy seperti canggung dengan ruang gerak yang terbatas. Bahkan Catherine Zeta-Jones sebagai istri sang walikota pun kurang dieksplorasi. Padahal andaikata sutradara Allen Hughes mau, kecantikan dan keseksiannya bisa terekspose seperti di Entrapment (1999). Demikian pula Natalie Martinez aktingnya pas-pasan saja sebagai Natalie Barrow, pacar Taggart. Hanya akting Russel Crowe sebagai sang walikota saja yang cukup matang. Walau bagi saya sendiri masih tetap kurang optimal. Bisa jadi itu karena tuntutan skenario yang kurang menggigit.

Sayang seribu sayang memang. Film ini terbukti memang kurang diterima pasar. TapI bagi penyuka cerita misteri ala Alfred Hitchock, bolehlah film ini ditonton. Asal jangan ketiduran saja ya….

Leave a Reply