Resensi Film-Bhayu MH

Cinta Suci Zahrana

Year : 2012 Director : Chaerul Umam Running Time : 108 mins. Genre : , , , , ,
Movie review score
1/5

Bagi penyuka sinetron, film ini sangat cocok ditonton. Tentu kebalikannya berlaku pula. Sayangnya, saya termasuk yang kedua. Sehingga, saat menonton film ini saya meletakkan ekspektasi pada titik nadir. Dan memang itu tak meleset.

Sesuai judulnya, tokoh utama protagonis film ini adalah Zahrana, akrab dipanggil Rana. Ia adalah seorang wanita pintar bergelar master. Bahkan, ia dikisahkan adalah wanita Indonesia pertama yang mendapatkan penghargaan internasional di bidang arsitektur. Tapi entah mengapa, Zahrana malah berakhir sebagai pecundang. Ia cuma mengajar di sebuah SMA di desa tempat kelahirannya.

Dan ia pun menghadapi kendala klasik: pernikahan. Saking frustrasinya, Rana pasrah saja saat dijodohkan dengan tukang krupuk sekalipun. Aneh. Meski akhirnya dipaksakan “happy ending” seperti lazimnya “Cinderella story”, tetap saja akhir kisah ini terkesan sangat menggurui dan subyektif. Seolah-olah dunia Rana yang hebat begitu sempitnya sampai-sampai harus menerima lamaran dari para lelaki yang tak pantas baginya.

Meski diangkat dari novel yang katanya best seller karya Habiburrahman El Shirazy, ceritanya sangat-sangat-sangat sinetron. Kurang mendidik dan tidak memotivasi untuk meraih yang terbaik dalam hidup, tidak seperti novel lain karyanya seperti Ayat-Ayat Cinta yang sukses besar saat diangkat menjadi film. Selain wajah cantik Meyda Sefira sebagai Zahrana, tak ada faktor lain yang menolong dari film ini.

Leave a Reply