Resensi Film-Bhayu MH

Cloverfield

Year : 2008 Director : Matt Reeves Running Time : 85 mins. Genre : , , , , , , , ,
Movie review score
4/5

Sisi paling menarik dari film ini adalah ia seolah bukan film komersial, melainkan seperti  film dokumenter yang diambil dari handycam. Di bagian awal film, ada semacam opening screen bertitel Departemen Pertahanan Amerika Serikat. Ada tulisan pernyataan bahwa video itu berisikan kasus yang disebut “Cloverfield” dan ditemukan di daerah yang semula dikenal sebagai “Central Park”. Video itu sebagian besar berisikan kejadian yang direkam pada Jum’at malam, 22 Mei 2009. Bagian-bagian selanjutnya yang justru lebih baru dan penting tampak kemudian, yang rupanya menindih rekaman kaset yang lebih lama.

Rekaman kaset awal bertanggal 27 April 2009, saat Rob bangun di pagi hari setelah melewatkan malam tidur bersama Beth. Mereka berdua sebenarnya sahabat yang mencintai secara Platonis, tapi malam itu mereka memutuskan untuk “making love”. Mereka berencana akan pergi ke Conney Island pada siang hari itu.

Rekaman awal itu tiba-tiba terputus oleh adegan saat adik Rob yang bernama Jason bersama pacarnya Lily mempersiapkan pesta kejutan untuk Rob. Ia dipromosikan menjadi Wakil Presiden perusahaannya, namun ditempatkan di Jepang. Saat pesta akan dimulai, Jason malah menyerahkan kamera video kepada Hud, temannya. Ia bertugas merekam komentar dan pesan semua yang hadir untuk Rob.

Saat Rob datang, ia pura-pura terkejut. Tapi mood-nya berubah negatif saat Beth datang bersama seorang pria. Rob pun bertengkar dengan Beth. Ketika Beth meninggalkan pesta, terasa ada getaran seperti gempa bumi dan listrik pun padam. Dari radio, mereka mendengarkan berita yang menyebutkan ada ledakan tanker minyak dekat Pulau Liberty. Saat Rob dan teman-temannya keluar gedung, keadaan di jalanan sudah kacau-balau. Mereka bahkan mendapati kepala patung Liberty sudah tergeletak di jalan dekat gedung apartemen mereka.

Sepintas, Hud merekam ada sosok makhluk raksasa berkeliaran di antara gedung. Dugaan itu diperkuat kemudian dengan datangnya pasukan militer dari kesatuan Army National Guard’s 42nd Infantry Division yang berupaya melawan makhluk itu. Rob, Jason, Hud, Lily dan Marlena –wanita yang ditaksir Hud- berupaya menyelamatkan diri. Namun, saat mereka berada di Brooklyn Bridge, makhluk itu menyerang dan menewaskan Jason.

Ketika mereka berlari kembali ke arah dalam kota, Rob mendapati telepon selulernya menyimpan pesan suara untuknya. Saat ia memutar ulang rekaman pesan suara itu, Rob mendengarkan dengan seksama bahwa Beth terancam bahaya di apartemennya yang hancur. Maka, bersama tiga orang lainnya mereka berusaha menuju apartemen Beth melalui Midtown Manhattan. Mereka melarikan diri masuk ke stasiun kereta bawah tanah Spring Street saat monster alien itu menyebarkan makhluk-makhluk kecil seperti parasit yang menyerang manusia. Marlena sempat tergigit oleh makhluk itu. Mereka lantas keluar di stasiun 59th Street untuk menuju apartemen Beth. Mereka melewati pusat komando militer dan rumah sakit lapangan, dimana saat itulah Marlena tewas. Kelompok itu juga mendapatkan informasi bahwa militer diperintahkan melakukan operasi “Hammer Down Protocol” yang akan membumi-hanguskan Manhattan.

Dengan susah-payah Rob, Hud dan Lily menyelamatkan Beth dari apartemennya yang sudah hancur. Penggambaran kehancuran massif ini mengerikan. Dari dalam apartemen yang berantakan hingga ke atas atap apartemen yang sudah miring hingga menempel ke gedung apartemen sebelahnya. Saat mereka berempat berusaha menuju tempat evakuasi, mereka bertemu dengan monster alien itu lagi. Lily berhasil diangkut helikopter Korps Marinir AS, sementara Rob, Hud dan Beth diangkut helikopter berikutnya. Saat berada di atas helikopter itulah, mereka menyaksikan pesawat pembom Angkatan Udara AS B-2 Spirit membom monster alien itu. Sang monster yang kesakitan akhirnya mati, tapi salah satu organnya menyambar helikopter yang mereka tumpangi sehingga terjatuh.

Film di handycam itu kemudian di-skip ke hari Sabtu, 23 Mei 2009. Kurang dari satu jam kemudian karena pesta untuk Rob memang diadakan menjelang tengah malam hari Jum’at, 22 Mei 2009. Suara dari radio komunikasi helikopter menyebutkan pemboman total dalam operasi “Hammer Down Protocol” akan dimulai 15 menit lagi. Mereka sadar dan berupaya meninggalkan helikopter, namun monster yang ternyata masih hidup membunuh Hud. Rob dan Beth mengambil kamera dan berupaya bersembunyi di bawah Greyshot Arch di Central Park. Saat pemboman dimulai, Rob dan Beth merekam kesaksian terakhirnya. Puing-puing reruntuhan kemudian menjatuhi mereka berdua.

Film dalam video kemudian terpotong ke bagian sebelumnya di kaset lama, dimana Rob dan Beth sedang berada di atas kereta di Conney Island pada 27 April 2009. Tanpa disadari oleh keduanya, di kejauhan sesuatu jatuh ke dalam laut dari langit. Itulah awal dari munculnya monster alien yang menghancurkan Manhattan.

Leave a Reply