Resensi Film-Bhayu MH

Empire State

Year : 2013 Director : Dito Montiel Running Time : 94 minutes Genre : , , , , ,
Movie review score
1/5

Film ini tampaknya tidak didesain sebagai box-office movie. Budgetnya saja rendah, hanya US$ 11 juta. Tapi ada penampilan aktor laga Dwayne “The Rock” Johnson di sini, walau hanya sebagai pemeran pembantu dan justru tidak ada aksi laga atau tembak-menembak memadai darinya. Dwayne hanya berperan sebagai detektif NYPD yang menyelidiki kasus perampokan mobil dan tempat penyimpanan uang milik Empire State Armored Truck Company. Jadi, jangan terkecoh judul film ini yang ‘megah’ karena arti harfiahnya memang: “Negara Imperium”.

Tokoh utama film ini adalah Chris Potamitis (Liam Hemsworth) yang melamar menjadi penjaga keamanan untuk perusahaan jasa pengawalan uang pasca ia gagal masuk akademi polisi. Karena ia merasa kurang nyaman bekerja di sana, dengan santai Chris menceritakan mengenai situasi tempat kerjanya itu kepada sahabatnya yang pengangguran, Eddie (Michael Angarano). Ia terutama heran mengapa uang yang begitu banyak diperlakukan dengan pengamanan yang tidak memadai.

Namun, sahabatnya malah berpikiran sebaliknya. Ia berniat jahat merampok kantor Chris. Percobaan pertama justru dilakukan oleh perampok lain. Dan upaya ini gagal. Detektif James Ransome (Dwayne Johnson) sudah curiga pada keterlibatan Chris, tapi karena ia justru menggagalkan perampokan, malah dijadikan pahlawan oleh media massa. James malah sempat diselamatkan nyawanya oleh Chris saat ada perampok lain mencoba menyatroni kantornya dalam percobaan kedua oleh kelompok perampok lain. Saat mana teman-temannya justru menunggu telepon darinya untuk pura-pura merampok.

Perampokan yang berhasil justru dengan jalan konyol. Eddie memaksakan diri menjebol eternit di gudang penyimpanan uang. Dan perampokan yang dirancang tidak matang itu justru berhasil membawa lari uang jutaan dollar.

Satu yang saya agak heran, film ini disebutkan terinspirasi dari kisah nyata. Namun, uangnya tak pernah ditemukan. Bahkan saat di akhir film pelaku aslinya diwawancara, Chris asli pun mengaku tidak tahu di mana uang yang hilang dari gudang uang kantornya. Apa yang salah di sana?

Jujur saya merasa film ini kurang optimal dalam menggarap ide cerita dari kisah nyata. Bisa jadi karena sutradara ingin penggambaran sedekat mungkin dengan kisah aslinya yang memang ‘sebegitu doang’. Membosankan dan suram apalagi suasana tahun ’80-an yang jadi latar film ini memang seperti itu. Tapi lumayan kalau Anda tipe yang senang belajar ‘sesuatu’ seperti saya. Toh, saya cukup memberi 1 bintang saja karena bagi mayoritas movie-goers film ini memang nggak asyik. 

Leave a Reply