Resensi Film-Bhayu MH

Guardians of the Galaxy

Year : 2014 Director : James Gunn Running Time : 122 minutes Genre : , , , , , , ,
Movie review score
4/5

Jalan Cerita

Film diawali dengan adegan di sebuah rumah sakit pada tahun 1988. Peter Quill kanak-kanak menyaksikan ibunya sekarat dan wafat. Tetapi sebelum wafat, ibunya sempat memberikan hadiah untuknya dan menyebutkan bahwa ayahnya adalah “malaikat”, memberikan petunjuk bahwa ayah Peter adalah “alien”. Ketika ibunya wafat, Peter berteriak histeris dan lari keluar ke halaman. Tetapi di sana ia diculik oleh UFO. Mereka adalah Ravagers, sekelompok pembajak luar angkasa yan dipimpin oleh Yondu Udonta.

Ketika sudah dewasa, Peter menjadi seorang pencuri handal yang menjuluki dirinya sendiri “Star Lord” alias “Pangeran Bintang”. Ia beraksi di sebuah planet yang sudah ditinggalkan penghuninya, bernama Morag. Ternyata di sana ada artefak berharga bernama Orb. Tetapi ia dicegat oleh Korath, anak buah dari Ronan, pemimpin ras Kree. Meskipun saat itu berhasil lolos, Yondu mengenalinya dan mengeluarkan sayembara berhadiah untuk menangkapnya. Sementara itu, Ronan mengirimkan wanita pembunuh bernama Gamora untuk mengambil kembali orb yang dicuri.

Ketika Quill berusaha menjual orb itu ke seorang penadah di Xandar, ibukota Nova Empire, ia diusir karena si penadah tak mau berurusan dengan Ronan. Ketika diluar, Gamora menyerangnya dan mengambil Orb itu. Terjadi kejar-mengejar, tetapi bukan hanya ada mereka berdua. Karena ada pemburu bayaran bernama Rocket yang sosoknya adalah musang beserta asistennya Groot yang berbentuk manusia pohon. Berempat, mereka saling kejar, tetapi akhirnya dihentikan oleh polisi otoritas Nova Corps dan ditahan.

guardians-galaxy-big-is-guardians-of-the-galaxy-marvel-s-justice-leagueKeempatnya ditahan di penjara antar-galaksi di Kyln. Walau tadinya bermusuhan, di dalam penjara yang penuh penjahat mengerikan itu mereka terpaksa saling melindungi. Apalagi ada Gamora yang wanita. Ia sempat diserang oleh Drax sang penjagal, karena menganggap sebagai anak buah Ronan ikut bertanggungjawab atas kematian keluarganya. Peter yang berupaya menyelamatkan membujuk Drax agar tidak membunuh Gamora. Ia mengatakan Gamora dapat membawanya kepada Ronan agar dapat membalaskan dendamnya. Gamora juga meyakinkan bahwa ia sendiri mengkhianati Ronan dengan tidak membiarkannya menggunakan kekuatan Orb untuk menghancurkan seluruh planet seperti Xandar. Menyadari bahwa Gamora punya pembeli untuk Orb yang dicuri Peter, mereka lantas bekerjasama untuk keluar penjara. Dengan kecerdikan Peter yang menganalisa situasi, mereka berhasil lolos dari Kyln walaupun harus terlibat baku-tembak seru.

Di tempat lain, Ronan bertemu dengan ayah Gamora yang bernama Thanos. Ia mengutarakan pengkhianatan Gamora dan hilangnya Orb. Kelompok Peter kabur menggunakan pesawat bernama Milano menuju Knowhere. Ini adalah pos kriminal terluar di angkasa yang dibangun di dalam Celestial. Drax yang mabuk menuntut Ronan sementara sisa kelompok itu bertemu dengan kontak Gamor, seorang kolektor bernama Taneleer Tivan. Ia membuka Orb itu yang menyimpan Infinity Stone. Ini adalah sumber tenaga yang akan menghancurkan semuanya kecuali entitas terkuat yang menguasainya. Tanpa diduga, tiba-tiba Tivan menyiksa asisten yang memegang batu itu, memicu ledakan yang menghancurkan arsip Tivan.

Tak lama Ronan tiba dan dengan mudah mengalahkan Drax. Tetapi Peter dan teman-temannya berhasil lolos, walau dikejar oleh pengikut Ronan dan saudari Gamora bernama Nebula. Ia menghancurkan pesawat Gamora, membuatnya melayang di angkasa. Peter menghubungi Yondu sebelum mengikuti Gamora dan menyelamatkannya dengan memberinya helm untuk bernafas. Ketika Yondu tiba, mereka berdua diangkut ke pesawatnya.

Rocket bersama Groot dan Drax menyerang pesawat Yondu untuk menyelamatkan Peter dan Gamora. Tetapi Peter membuat perjanjian dengan Yondu dimana mereka dapat mengembalikan Orb itu. Kelompok itu akhirnya bekerjasama karena satu kepentingan: mencegah Ronan menggunakan Orb dengan Infinity Stone di dalamnya untuk menghancurkan galaksi.

Ronan menempatkan Infinity Stone di pesawat komandonya bernama Dark Aster. Ia menempelkannya di palu pemukul untuk mendapatkan kekuatan bagi diri sendiri. Ia menghubungi Thanos, mengancam akan membunuhnya setelah menghancurkan Xandar. Karena benci kepada ayah angkatnya Thanos, Nebula bersekutu dengan Ronan.

Di dekat Xandar, Dark Aster berhadapan dengan Ravagers dan Nova Corps. Sementara kelompok Peter menyusup ke dalam pesawat Dark Aster. Ronan menggunakan palu pemukul yang sudah diperkuat dengan Infinity Stone menghancurkan armada Nova Corps. Sementara Drax membunuh Korath. Di dalam Dark Aster, Gamora mengalahkan Nebula. Tetapi Nebula berhasil kabur dan membuka kamar Ronan. Kelompok itu bisa dikalahkan Ronan hingga Rocket menabrakkan Milano ke Dark Aster.

Pesawat Dark Aster yang rusak mendarat darurat di Xandar. Groot mengorbankan dirinya sendiri untuk menyelamatkan teman-temannya. Ronan berhasil selamat dan bangkit dari reruntuhan, bersiap menghancurkan Xandar. Peter mengalihkan perhatiannya hingga memberi waktu kepada Drax dan Rocket untuk menghancurkan palu penghancur Ronan. Peter berhasil mengambil Infinity Stone. Lantas bersama Gamora, Drax dan Rocket mereka menghancurkan Ronan.

Guardians-Of-The-Galaxy-2014-Movie-Poster-CoverSetelah pertarungan itu, Peter mengakali Yondu dengan menyerahkan container yang dikatakannya berisi Infinity Stone. Tetapi ia kemudian menyerahkan batu yang asli kepada Nova Corps. Saat Ravagers meninggalkan Xandar, Yondu menandai bahwa keputusan mereka untuk tidak menyerahkan Peter kepada ayahnya sesuai kontrak adalah tepat. Kelompok Peter, sekarang dikenal sebagai “the Guardians of the Galaxy” (Penjaga Galaksi), diberi imbalan dengan dihapuskan catatan kriminalnya. Peter sendiri baru tahu bahwa dirinya adalah setengah manusia. Sementara ayahnya adalah bagian dari spesies kuno yang tak diketahui. Setelah bertahun-tahun disimpan, Peter akhirnya membuka hadiah terakhir dari ibunya saat akan wafat. Sebuah kaset berisi lagu favorit ibunya. Para “Penjaga Galaksi” lantas pergi untuk membangun kembali Milano.

Pasca penayangan credit-title, diperlihatkan Tivan yang duduk di arsipnya yang hancur. Ia ditemani oleh dua entitas pamerannya yang hidup: kosmonot kaleng dan bebek antropomorfis.

Leave a Reply