Resensi Film-Bhayu MH

Hitch

Year : 2005 Director : Andy Tennant Running Time : 118 mins. Genre : , , , , ,
Movie review score
3/5

Di film komedi romantis ini, Will Smith bermain sebagai seorang “dokter cinta”. Ia bertugas sebagai semacam konsultan dan coach bagi para pria ‘culun’ agar bisa tampil prima dalam mendapatkan wanita idamannya. Kepiawaiannya membuat reputasinya menyebar, namun hanya dari mulut ke mulut. Karena ia sama sekali tidak buka praktek dan pasang iklan. Jasanya hanya berdasarkan rekomendasi belaka.

Salah satu client yang ditanganinya adalah Albert Brennaman, pria bertubuh subur yang pemalu dan mudah gugup saat berhadapan dengan wanita. Sang akuntan ternyata ‘naksir berat’ kepada client di perusahaan firma investasi tempatnya bekerja. Celakanya, wanita itu bukan orang sembarangan, melainkan seorang selebriti yang juga pewaris perusahaan keluarga, namanya Allegra Cole.

Di saat bersamaan, seorang kolumnis gosip terkemuka di koran Standard bernama Sara Melas sedang menyelidiki hubungan pribadi Allegra Cole. Ia juga mendengar mengenai “dokter cinta” yang konon tak pernah gagal membantu pria mendapatkan wanita idamannya. Karena sama-sama tinggal di New York, maka Sara berupaya mencari informasi mengenai sang “dokter cinta” yang dijuluki “Hitch” tersebut. Tanpa dinyana, mereka berdua malah jatuh cinta, tapi tanpa setahu Sara bahwa Alex Hitchens-lah sang “dokter cinta” yang ia cari-cari.

Sara sempat marah karena seorang pria –Vance Munson- yang mengencani sahabatnya Casey Sedgewick cuma untuk bersenang-senang dan mempermainkan wanita mengaku sebagai client Hitch. Ia tambah marah saat tahu bahwa ternyata pria yang dikencaninya itulah sang “dokter cinta” yang legendaris itu. Sara merasa dijebak karena merasa cinta Alex Hitchens tidak tulus. Mereka pun putus.

Sementara, saat menghadapi masalah cintanya sendiri, ternyata Hitch malah galau. Segala keahliannya soal menaklukkan wanita tak berguna. Apalagi Sara karena dendam justru mengungkapkan identitas Hitch, sehingga ia mudah dikenali di mana-mana. Malah, para wanita yang dikencani client Hitch mengira keberhasilan pasangannya mendapatkan mereka karena rekayasa semata dan bukan cinta yang tulus. Ini termasuk Allegra Cole yang menganggap Albert Brennaman cuma main-main. Dengan susah-payah, Hitch berupaya menyelamatkan hubungan mereka. Sementara ia sendiri berupaya menyelamatkan hubungan pribadinya dengan Sara Melas.

Film ini sangat sukses secara komersial, meski tidak jadi pembicaraan luas di kalangan kritikus. Ternyata, pasar menyukainya. Dengan biaya pembuatan hanya US$ 70 juta, film ini meraup lebih dari US$ 360 juta dari pemutaran film di seluruh penjuru dunia. Saya pun menjadikannya salah satu film favorit saya sepanjang masa, semata karena flim ini memberikan ‘kepercayaan diri’ dengan cara yang ‘tidak menggurui’ di saat saya sedang merasa down.

Leave a Reply