Resensi Film-Bhayu MH

Human Trafficking

Year : 2005 Director : Christian Duguay Running Time : 176 mins. Genre : , , , , , ,
Movie review score
3/5

Satu lagi film bertema perdagangan manusia. Tidak ada bintang terkenal yang terlibat, selain aktor gaek Donald Sutherland. Namun film ini cukup detail dalam memotret sindikat perdagangan manusia untuk komoditi seks yang dilakukan mafia asal Russia.

Film diawali cukup dramatis dengan seorang gadis belia 14-15 yang disewa pria bertubuh tambun. Karena panik saat pria itu hendak memaksanya melakukan blow job, si gadis melompat dari jendela hotel. Ia tak sadar ia berada di lantai 4 dan tewas. Menurut detektif NYPD, itu sudah korban ketiga yang tewas. Dan semuanya berasal dari Russia.

Di Praha-Cekoslowakia, Nadilla Taganova gadis Ukraina yang masih berusia 16 tahun dan sejumlah gadis mengikuti megikuti audisi untuk menjadi model. Mereka dijanjikan oleh agensi model untuk dibawa ke Amerika dan menghasilkan uang banyak. Namun ternyata, keempat orang wanita yang terpilih malah diculik dan dijual sebagai budak seks.

Sementara ada pula gadis belia bernama Annie yang berlibur bersama keluarganya di Manila, Filipina. Ia diikuti oleh seorang pria lokal sebayanya yang menariknya. Saat ia tertarik berbicara padanya, komplotan itu menculiknya.

Di Wina, Austria, seorang wanita dewasa asal Ukraina yang semula pekerja restoran bertemu dengan teman kencan yang dikenalnya di internet. Tapi ia malah dibawa ke sebuah rumah besar dan dijual ke mafia di sana.

Di New York wanita polisi Kate Morozov dari NYPD ditugaskan di bawah koordinasi Bill Moohan dari US Department of Homeland Security. Mereka berdua bahu-membahu untuk mengungkap kasus kematian dan hilangnya sejumlah wanita.

Para wanita dari berbagai tempat itu akhirnya dibawa ke Newark, New Jersey. Mereka dijadikan budak seks di kota itu. Polisi terus bekerja keras mengungkapnya hingga kemudian para wanita itu ditemukan dan dibebaskan.

Tidak ada karakter protagonis yang menonjol di sini, sehingga penonton seperti melihat drama kehidupan. Juga tidak ada adegan aksi tembak-menembak atau kejar-kejaran ala film aksi Hollywood. Tapi misi film ini menurut saya sangat bagus. Detail kisah dan setting-nya juga bagus.Hanya saja barangkali karena tidak ada bintang yang terlibat dan promosi yang kurang, film ini sangat tidak laku dan malah tidak dikenal.

Leave a Reply