Resensi Film-Bhayu MH

(James Bond 007) GoldenEye

Year : 1995 Director : Martin Campbell Running Time : 130 minutes Genre : , , , , , ,
Movie review score
4/5

Jalan Cerita

Pada tahun 1986, dua orang agen MI-6 yaitu James Bond 007 dan Alec Trevelyari 006 menyusup ke fasilitas kimia Soviet di Arkhangelsk dan menanam bom. Sayangnya dalam upaya itu 006 terbunuh oleh Kolonel Arkady Ourumov. Tetapi Bond berhasil lolos dengan mencuri pesawat dan terbang meninggalkan fasilitas itu saat meledak.

Sembilan tahun kemudian, Bond tiba di Monte Carlo untuk mengikuti Xenia Onatopp. Ia dicurigai merupakan anggota dari sindikat kriminal Janus. Ia menjalin hubungan mencurigakan dengan seorang Laksamanan dari Angkatan Laut Kanada. Xenia membunuh perwira tinggi itu untuk membiarkan Janus mencuri identitasnya.

Hari berikutnya, komplotan penjahat berhasil mencuri prototype helikopter Eurocopter Tiger yang dapat melawan medan elektromagnetik. Helikopter itu diterbangkan ke sebuah bunker di Severnaya, dimana mereka membantai para staf dan mencuri kepingan pengontrol senjata satelit ganda bernama GoldenEye. Satelit lantas diprogram ulang untuk menghancurkan kompleks tersebut dengan medan elektromagnetik. Seorang programmer bernama Boris Grishenko berpihak pada kelompok ini. Natalya Simonova, satu-satunya yang selamat dari insiden itu, mengontak Boris dan mengatur pertemuan dengannya di St. Petersburg. Tetapi Boris mengkhianatinya dan menyerahkan Natalya kepada Janus.

Di London, M menugaskan Bond untuk menyelidiki serangan itu. Dalam rangka penyelidikan, Bond pergi ke St. Petersburg dan menemui agen CIA bernama Jack Wade. Darinya, ia mendapatkan saran agar menemui Valentin Zukovsky, seorang kepala mafia Russia dan musuh Janus. Setelah Bond memberinya tip tentang potensi penangkapan, Zukovsky mengatur sebuah pertemuan antara Bond dan Janus. Onatopp dikirim untuk menemui Bond di sebuah hotel dan berupaya membunuhnya, tetapi Bond bisa mengalahkan wanita itu dan memaksanya membawanya kepada Janus.

Setelah bertemu, Janus mengungkapkan identitas aslinya sebagai Alec Trevelyan. Ia memalsukan kematiannya di Arkhangelsk tetapi cacat akibat ledakan. Ia adalah pewaris dari klan Cossack yang bekerjasama dengan Nazi Jerman pada era Perang Dunia II. Trevelyan telah bersumpah akan melawan Inggris atas keterlibatan negara dalam kematian orangtuanya. Ketika Bond menembak Trevelyan, ia juga tertembak oleh panah bius dan membuatnya tak sadarkan diri.

Bond terbangun dalam keadaan terikat bersama Simonova di helikopter Tiger yang telah diprogram untuk menghancurkan dirinya sendiri. Tetapi bukan Bond namanya kalau tidak berhasil meloloskan diri dari situasi genting. Setelah lolos, mereka malah ditangkap oleh polisi Russia dan dibawa ke arsip militer. Di sana, Menteri Pertahanan Russia Dimitri Mishkin menginterogasi mereka. Simonova mengungkapkan keberadaan satelit kedua dan keterlibatan Ourumov dalam pembantaian di Severnaya. Tepat pada saat itu, Ourumov masuk ke dalam ruangan dan membunuh Mishkin. Saat Ourumov memanggil anak buahnya, Bond dan Simonova melarikan diri dan terjadi baku-tembak.

Sayang sekali Simonova dapat ditangkap dan dibawa ke dalam mobil oleh Ourumov. Bond mencuri sebuah tank T-55 dan mengejar Ourumov melalui St. Petersburg. Ourumov menuju ke kereta berlapis baja milik Janus, tetapi dapat dibunuh Bond. Janus alias Trevelyan dapat lolos dan mengunci Bond di dalam kereta bersama Simonova. Prosedur penghancuran diri kereta sudah disetel, dan nyawa keduanya terancam. Bond membuat lubang di lantai kereta dengan laser sementara Simonova berhasil melacak piringan parabola pengendali satelit Grishenko ternyata berada di Kuba. Mereka berdua keluar dari kereta tepat saat kereta itu meledak.

Bond jatuh cinta pada Simonova. Mereka menemui Jack Wade dan menukarkan mobil Bond dengan pesawat Wade. Mereka terbang menuju hutan Kuba untuk mencari piringan parabola pengendali satelit. Tetapi keberadaan pesawat mereka terdeteksi dan ditembaki hingga jatuh. Saat mereka masih berjuang keluar dari reruntuhan, Onatopp dari helikopter menyerang Bond. Setelah bertarung, Bond bisa menembak helikopter itu hingga jatuh dan menewaskan Onatopp.

Danau yang semula tertutupi air pun mongering, memperlihatkan letak piringan parabola pengendali satelit. Mereka memasuki stasiun pengendali, tetapi Bond tertangkap. Trevelyan mengungkapkan rencananya merampok Bank of England sebelum menghapus semua catatan keuangannya yang tersisa dengan sisa satelit GoldenEye. Tindakannya ini bukan saja pencurian, tetapi juga akan menghancurkan perekonomian Inggris.

Sementara itu, Simonova berhasil memprogram ulang satelit untuk kembali memasuki atmosfer Bumi dan menghancurkan dirinya sendiri. Sayangnya, tindakan itu diketahui Trevelyan sehingga Simonova ditangkap. Grishenko diperintahkan untuk menyelamatkan satelit. Tetapi Bond memicu ledakan dengan granat berbentuk penanya dan melarikan diri ke menara antena. Tindakan sabotase Bond terus berlanjut dengan merusak antena yang membuat Grishenko gagal meraih kendali atas satelit itu.

Setelah membereskan antena, Bond memburu Trevelyan dan baku-hantam dengannya. Pertarungan membawa mereka ke landasan antena, sekitar 150 meter di atas piringan parabola. Bond menendang Trevelyan keluar dari landasan, namun kakinya malah ditangkap Trevelyan yang berupaya bertahan. Bond akhirnya berhasil melepaskan pegangan tangan Trevelyanan ia terjatuh ke dasar piringan parabola. Menara meledak, membunuh Trevelyan dan Grishenko. Di akhir kisah, Simonova menggunakan helikopter menjemput Bond. Lantas keduanya diselamatkan oleh Wade dan tim dari Marinir.

Leave a Reply