Resensi Film-Bhayu MH

(James Bond 007) The World Is Not Enough

Year : 1999 Director : Michael Apted Running Time : 128 minutes Genre : , , , , , ,
Movie review score
4/5

Jalan Cerita

Kali ini, James Bond sang agen rahasia Inggris MI-6 bertemu dengan seorang bankir berkebangsaan Swiss. Ia bermaksud untuk menarik uang bagi Sir Robert King, seorang konglomerat minyal asal Inggris dan teman M. Bond memberikan informasi kepada bankir itu bahwa King membeli suatu laporan rahasia yang dicuri dengan membunuh agen MI-6 yang membawanya. Bond ingin tahu siapa yang telah membunuh rekannya itu. Bankir ini berupaya melawan Bond tetapi dapat dikalahkan. Saat akan mengatakan nama si pembunuh, asistennya sendiri membunuhnya. Sementara Bond dapat meloloskan diri dengan membawa serta uangnya.

Sekembalinya ke London, Sir Robert dibunuh dengan uang yang dipasangi jebakan di dalam Mi-6. Bond segera mengejar si pembunuh yang dengan cepat dikenali adalah asisten bankir tadi. Terjadi kejar-mengejar menggunakan perahu motor di sungai Thames menuju Millenium Dome. SI pembunuh berupaya kabur memakai balon udara. Bond menawari asisten itu perlindungan tetapi ditolak. Wanita asisten itu meledakkan balon yang membunuh dirinya sendiri.

Bond lantas melacak uang yang dapat diselamatkan ternyata alirannya menuju ke Renard, seorang agen KGB yang beralih menjadi teroris. Sebelumnya, pernah ada upaya gagal membunuh Renard oleh agen MI-6 lain. Upaya itu meninggalkan peluru di otaknya yang secara bertahap merusak syarafnya dan malah membuatnya kebal terhadap rasa sakit. Pimpinan Mi-6 M menugaskan Bond untuk melindungi putri King yang bernama Elektra. Hal ini karena Renard pernah menculik dan meminta tebusan atasnya. MI-6 percaya, bahwa Renard akan kembali melakukan hal yang sama. Untuk melaksanakan tugasnya itu, Bond terbang ke Azerbaijan. Di sana Elektra sedang meninjau proyek pembangunan pipa minyak. Saat sedang melihat rencana rute pipa minyak di gunung, Bond dan Elektra diserang oleh pasukan bersenjata lengkap bahkan menggunakan mobil salju yang dilengkapi paraglider. Terjadi kejar-mengejar di pegunungan salju dan keduanya berhasil lolos.

Setelahnya, Bond mengunjungi Valentin Zukovsky guna menggali informasi tentang penyerang mereka. Ia mendapati informasi bahwa kepala keamanan Elektra bernama Davidov bersekongkol dengan Renard. Setelah melalui perkelahian seru, Bond berhasil membunuh Davidov. Ia lantas naik pesawat menuju pangkalan peluru kendali antar benua berhulu ledak nuklir (ICBM=Inter Continental Ballistic Missille) di Kazahkstan. Di sana, Bond menyamar sebagai ahli nuklir Rusia dan menemui ahli fisika nuklir Christmas Jones untuk memasuki silo (tempat penyimpanan rudal). Ia mendapati bahwa Renard melepaskan kartu pendeteksi lokasi (GPS locator) dan plutonium dari rudal. Tetapi sebelum Bond dapat membunuhnya, Jones membongkar penyamarannya. Renard kabur dan membiarkan semua orang yang tersisa untuk terbunuh bersama rudal yang sudah disetelnya. Tetapi Bond bersama Jones berhasil lolos dengna membawa kartu pendeteksi lokasi.

Kembali ke Azerbaijan, Bond mengutarakan kepada Elektra bahwa kemungkinan besar Elektra tidaklah selugu yang dikira. Ia menyerahkan kartu pendeteksi lokasi yang dibawanya sebagai bukti pencurian. Tiba-tiba alarm berbunyi, menandakan bahwa bom yang dicuri dari Kazahkstan dipasang di anjungan pengawas menuju ke terminal minyak. Bond dan jones memasuki jalur pipa untuk melucuti bom. Di saat itulah Jones mendapati setengah plutonium hilang. Mereka melompat keluar anjungan dan sebagian besar pipa hancur. Keduanya dikira telah tewas.

Di pusat kendali, Elektra mengaku bahwa ia telah membunuh ayahnya sendiri sebagai balas dendam karena menggunakan dirinya sebagai umpan bagi Renard. Elektra pun menculik M, yang telah memberikan nasehat kepada ayahnya untuk tidak membayarkan uang tebusan saat Renard dulu menculiknya.

Setelah melakukan pelacakan, Bond mendapati Zukovsky berada di pabrik caviarnya di Laut Caspia. Saat berada di sana, Elektra menyerang dengan helikopter bersenjata. Zukovsky sendiri kemudian mengakui sebuah pengaturan rahasia, bahwa Elektra telah dipergunakan sebagai alat tukar untuk mendapatkan kapal selam yang dikomandani sepupu Zukovsky, Nikolai. Kelompok itu lalu pergi ke Istanbul, dimana Jones menyadari bahwa bila Renard menyisipkan plutonium yang dicuri ke dalam reaktor nuklir yang ada di kapal selam itu, maka bisa mengakibatkan ledakan nuklir yang akan menghancurkan kota. Akibatnya akan terjadi sabotase terhadap jalur pipa Russia di Bosphorus.

Karena jalur pipa milik Elektra direncanakan mengelilingi Istanbul, maka bisa dipastikan akan meningkatkan harga minyak miliknya. Kartu pendeteksi lokasi memancarkan sinyal dari Menara Maiden yang dibaca oleh Bond, sesaat sebelum Zukovsky menghilang. Bullion menghancurkan pusat kendali dan Zukovsky dipukul hingg tak sadarkan diri. Tetapi Bond dan Jones dapat ditangkap oleh anak buah Elektra. Jones dibawa ke dalam kapal selam, sementara Bond di bawa ke menara, dimana Elektra menyiksanya dengan garrote (alat pencacah es). Zukovsky dan anak buahnya kemudian berhasil memburu dan menguasai menara., tetapi Elektra melukai Zukovsky. Tetapi ia sempat membebaskan Bond yang kemudian melepaskan M dan membunuh Elektra.

Belum selesai, Bond pun menyelam dan menyusup ke dalam kapal selam guna membebaskan Jones. Tetapi kapal selam itu terus saja menyelam lebih dalam hingga menabrak dasar laut Bosphorus, menyebabkan haluannya rusak. Pada akhirnya, Bond dan Renard berhadapan. Setelah melalui pertarungan satu lawan satu yang seru, Bond berhasil membunuh Renard. Bersama Jones, Bond meloloskan diri dari kapal selam. Meskipun reaktor nuklir di dalam kapal selam itu meledak, tetapi aman karena jauh di dasar laut.

Leave a Reply