Resensi Film-Bhayu MH

Men In Black (MIB) 2

Year : 2002 Director : Barry Sonnenfeld Running Time : 106 mins. Genre : , , , , , , ,
Movie review score
4/5

Apa jadinya kalau Bumi diserang alien? Bukan armada pasukan alien seperti dalam Independence Day, melainkan satu orang alien saja. Walau alien itu diklaim paling berbahaya sejagat raya. Alien itu adalah Serleena, ratu planet Kylothian. Agen J (Will Smith) yang sudah jadi agen paling senior di MIB menyadari hal itu saat menyelidiki kejahatan alien di SoHo Pizzeria.

Ia pun kemudian mencari Agen K (Tommy Lee Jones) yang telah pensiun. Karena ingatannya dihapus, agen K yang bekerja sebagai kepala kantor pos di Truro-Massachusetts bernama Kevin Brown tidak ingat apa-apa. Padahal, justru ingatannya penting karena dialah yang tahu mengenai Cahaya Zartha (the Light of Zartha). Zartha adalah planet terakhir yang dihancurkan Serleena sebelum menuju Bumi.

Di awal cerita, ada film yang menunjukkan acara televisi bernama “Mysteries in History”. Pembawa acaranya Peter Graves, yang penonton Indonesia biasa melihatnya dalam serial televisi Mission Impossible. Dalam film itu dikisahkan di tahun 1978 delegasi Zartha yang dipimpin oleh Putri Lauranna meminta bantuan ke Bumi. Mereka ditemui oleh tim MIB –yang kemudian ternyata ada agen K alias Kay di dalamnya- yang menolak membantu menyimpan Cahaya Zartha karena bisa berbahaya. Bumi ingin tetap netral dalam konflik antara Zartha dan Kylothian. Dan delegasi Zartha itu pun dikisahkan pergi meninggalkan Bumi, namun Laurana tertembak oleh Serleena yang menyusul ke Bumi. Film ini ternyata kemudian adalah petunjuk penting bagi Agen J dan Agen K dalam menemukan letak Cahaya Zartha.

Sementara itu, Serleena berhasil masuk ke markas MIB dan kemudian melumpuhkannya. Secara otomatis prosedur keamanan diberlakukan sehingga Agen J yang sedang berusaha memulihkan ingatan Agen K dengan deneuralyzer terpaksa diguyur (flush) seperti di WC. Seluruh personil MIB lumpuh kecuali Frank the talking pug. Tapi dia pun kemudian berhasil pula ditangkap Serleena. Ratu alien itu juga membebaskan seluruh alien tahanan MIB.

Karena pentingnya memulihkan ingatan Agen K, Agen J mencari Jack Jeebs. Ia adalah alien pemilik toko kelontong serba ada yang disinyalir punya alat serupa deneuralyzer buatan sendiri. Akhirnya ingatan Agen K pulih dimana ia justru meninggalkan sejumlah petunjuk di kedai pizza SoHo pizzeria.

Dalam penyelidikan di kedai pizza tersebut, secara tidak biasa Agen J tidak menghapus ingatan Laura Vasquez yang jadi saksi. Itu karena dia naksir wanita tersebut. Kemudian baru diketahui bahwa Laura adalah putri Lauranna, dengan Agen K adalah ayahnya.

Di akhir film, terjadi pertarungan seru antara Serleena dan para alien pendukungnya melawan kedua agen. Apalagi Serleena yang punya kemampuan mengimitasi dan mengasimilasi tubuh makhluk lain berhasil menaklukkan Jeff, cacing raksasa yang tinggal di jaringan kereta bawah tanah New York. Sementara itu mereka harus berpacu dengan waktu karena bila sampai penanda waktu di jam tangan Agen K habis, gelang yang dipakai Laura akan meledak dan bisa menghancurkan Bumi.

Film ini sebagai tontonan hiburan asyik banget. Ceritanya sangat menantang dan membuat penasaran. Di samping itu, humor-humornya keren. Ada yang slapstick, tapi banyak pula yang cerdas. Sebutlah seperti saat Agen J mencari siapa yang memiliki alat deneuralyzer, ia mendapatkan Jack Jeebs dengan situsnya jeebsie.com justru di situs ebay. Kita juga bisa melihat Gatbot, salah satu penjahat yang dibebaskan Serleena yang mengingatkan kita pada  R2D2 dari Star Wars, walau penampakannya lebih mirip seperti tempat sampah aluminium. Jarra sang penjahat kuat yang juga dibebaskan Serleena pun disebutkan ditahan karena mencuri ozon. Sebuah pesan lingkungan yang cantik.

Humor juga muncul saat Frank menunggu di mobil Mercedes Benz E-Class W211 –mobil sponsor resmi film ini- milik Agen J, anjing alien yang bisa bicara itu menyetel lagu Who Let’s the Dog Out, lagu ciptaan Anslem Douglas yang dipopulerkan kembali oleh Baha Man. Tentu saja yang membuat tertawa karena di lagu itu ada lirik anjing menggonggong yang ditirukan Frank dengan antusias. Tapi yang paling membuat saya terkejut adalah tampilnya seorang artis besar secara cameo di film ini. Artis ini membantu melaporkan sebuah informasi dan merengek melamar menjadi Agen M. Siapa dia? Tak lain dan tak bukan adalah The King of Pop himself: Michael Jackson! Wow!

Leave a Reply