Resensi Film-Bhayu MH

Oblivion

Year : 2013 Director : Joseph Kosinski Running Time : 124 minutes Genre : , ,
Movie review score
1/5

Poster film ini tampak menjanjikan, apalagi bintangnya Tom Cruise. Kisahnya jelas sains-fiksi di masa depan. Beberapa menit film dimulai, penonton tahu setting waktunya di tahun 2777. Di masa itu dikisahkan Bumi hancur. Penyebabnya gabungan antara bencana alam dan invasi alien. Manusia yang selamat lantas membuat stasiun luar angkasa di orbit Bumi. Stasiun itu bernama Oblivion. Tom Cruise yang berperan menjadi Jack Harper tinggal di sana bersama Vika, partner kerjanya yang juga jadi pasangan hidupnya. Namun Jack heran kenapa selalu dihantui mimpi tentang seorang wanita di masa lalu. Ia merasa kenal wanita itu, namun ia tak eksis di masa kini Jack.  Salah satu sebabnya adalah karena  memori Jack telah dihapus demi keamanan misi.

Sudah. Cuma itu yang bisa saya tangkap hingga sekitar 30 menit film berjalan. Jack Harper dengan pesawat mini canggihnya turun ke Bumi. Mencari apa? Saya juga bingung. Artinya, jalan cerita film ini tak kunjung menjelas sampai 30 menit pertama. Jack diserang oleh sesuatu, tapi tak jelas apa. Hingga sebuah drone datang menolongnya. Dan kemudian Jack bertemu dengan sekelompok manusia yang terlihat seperti beroposisi dengan kelompok Jack. Ia pun kemudian sepertinya diburu oleh mereka. Menjelang akhir film, Jack menemukan dirinya “yang lain” –sehingga ada dua Jack- di salah satu tower di Bumi. Dengan Vika yang kemudian malah mengadukannya kepada para pemburunya. Bagaimana akhirnya? Bingung. Tidak jelas.

Film ini diangkat dari graphic novel karya sutradaranya sendiri, Joseph Kosinski. Bisa jadi itulah sebabanya ceritanya agak absurd bagi penonton. Kehadiran tokoh Vika sebagai partner kerja dan pasangan Jack serta Julia yang dikisahkan dulunya adalah istri sang tokoh juga tidak membantu. Padahal, hubungan intim sebagai kekasih antara mereka sangat potensial dieksplorasi. Secara jelas, saya sangat tidak merekomendasikan film ini untuk disaksikan. Membosankan, bahkan sebagai hiburan pun tak pantas disaksikan. Sayang uang Anda deh…

Leave a Reply