Resensi Film-Bhayu MH

Slumdog Millionaire

Year : 2008 Director : Danny Boyle, Loveleen Tandan Running Time : 120 minutes Genre : , , , , ,
Movie review score
3/5

amal Malik adalah seorang asisten layanan telepon yang tugasnya cuma membuat teh (chai wallah) yang memenangkan kuis “Who wants to be a millionaire” versi India. Sebagai orang miskin, kemenangannya ini merupakan sebuah kisah yang diidolakan banyak orang. Istilahnya, Cinderella story.

Keberhasilannya memenangkan kuis hingga 10 juta dollar membuat Prem si pembawa acara menuduhnya menipu. Maka, setelah mengikuti kuis di hari pertama, Jamal ditangkap. Ia disika oleh petugas polisi bernama Srinivas, sebelum kemudian diinterogasi oleh Inspektur dan ditanyai.

Alur cerita berganti-ganti antara saat ia diinterogasi, saat sedang di “kursi panas” acara kuis, hingga ke masa lalu Jamal. Setiap kali Jamal mendapatkan pertanyaan dari Prem, dia menjelaskan jawabannya kepada Inspektur polisi dan ternyata itu semua berhubungan dengan masa lalunya yang kelam.

Penonton disuguhi kilas balik kehidupan Jamal oleh sutradara Danny Boyle. Apik karena merekam sisi-sisi kehidupan India yang sebenarnya. Pertanyaan untuk merebut hadiah uang sebesar Rp 16 ribu membuat Jamal teringat bagaimana ia dan kakaknya Salim K. Malik harus jadi anak yatim-piatu. Mereka di waktu kecil hanya memiliki ibu, sementara ayahnya tidak diceritakan ada di mana. Ketika itu, terjadi penyerbuan ke kampung Jamal yang Muslim oleh kelompok masyarakat Hindu. Ibunya yang sedang mencuci di sungai terbunuh. Di saat itu, Jamal melihat penampakan Dewa Rama dalam wujud seorang anak kecil bertubuh biru. Dan pertanyaannya di kuis itu adalah benda apa yang dipegang di tangan kanan Dewa Rama. Maka Jamal bisa menjawabnya dengan mudah: busur dan panah.

Sejak itulah mereka berdua menggelandang. Tanpa diduga, seorang anak perempuan yang juga sebatang kara mengikuti mereka berdua. Salim semula menolak bila harus mengajaknya, tapi Jamal bersikeras. Akhirnya Latika pun menjadi sahabat mereka. Dan ternyata itulah cinta pertama dan terakhir Jamal. Mereka bertiga menganggap dirinya adalah The Three Musketeer, karena terpengaruh cerita guru sekolahnya.

Hidup tak mudah bagi Jamal, Salim dan Latika. Mereka ditangkap kelompok yang seolah baik tapi kemudian memaksa mereka mengemis. Bahkan, yang suaranya bagus malah dibutakan matanya karena pengemis buta yang menyanyi mendapatkan upah dua kali lipat lebih banyak. Di titik inilah Salim yang jadi tangan kanan pimpinan kelompok itu mengajak Jamal lari. Hal itu karena Jamal hendak dibutakan juga. Sayangnya, dalam upaya pelarian itu Latika dapat ditangkap kembali oleh mereka.

Maka, Jamal dan Salim meneruskan petualangannya hingga tiba di Taj Mahal. Ada pelajaran sejarah bagus di sini dimana diterangkan bahwa makam itu dibangun oleh Maharaja kerajaan Mughal bernama Khurram untuk istirinya Mumtaz Mahal. Monumen itu selesai dibangun tahun 1648, dengan melibatkan tenaga kerja 20 ribu buruh dan 4.000 ekor gajah. Berarti 17 tahun setelah wafatnya Mumtaz pada 17 Juni 1631 saat melahirkan anak ke-14. Di tahun 1980, Taj Mahal ditetapkan menjadi situs harta dunia UNESCO. Di situs bersejarah ini, Salim dan Jamal menemukan jalan untuk mencari uang. Mereka berdua menjadi pemandu wisata, namun sekaligus juga mencopet dan mencuri barang-barang milik turis.

Namun, Jamal ternyata tak bisa melupakan Latika. Ia mengajak Salim untuk mencarinya. Akhirnya mereka menemukan Latika yang sudah menjadi gadis sedang dipersiapkan untuk menjadi penari perut. Mereka berdua menyelamatkan Latika dengan Salim membunuh Maman yang pernah menjadi boss mereka di waktu kecil. Sayangnya, setelah mereka berhasil lari, Salim malah berniat menguasai Latika sendirian dan mengusir Jamal. Salim dan Latika kemudian bekerja untuk Javed Khan yang mereka kenal dari lingkungan masa kecilnya.

Akhirnya, setelah diinterogasi semalaman, Jamal dilepas oleh polisi. Studio televisi menunggu kemunculannya, demikian juga para penonton baik di studio maupun di berbagai tempat. Rakyat India yang sebagian besar hidup dalam kemiskinan merasa mendapatkan pahlawannya. Akankah Jamal memenangkan hadiah tertinggi kuis ini, yaitu 20 juta Rupee? Apakah Latika mau menemui Jamal kembali dan kabur dari induk semangnya? Silahkan cari filmnya dan saksikan sendiri.

 

Leave a Reply