Resensi Film-Bhayu MH

Terminator 3: Rise of The Machines

Year : 2003 Director : Jonathan Mostow Running Time : 109 mins. Genre : , , , , , , ,
Movie review score
3/5

Masih melanjutkan serial Terminator sebelumnya, kali ini John Connor pasca kematian ibunya Sarah Connor mencoba menyembunyikan diri. Ia hidup berpindah-pindah tanpa punya pekerjaan tetap. Namun, seperti biasa, tiba-tiba hadirlah Terminator dari masa depan melalui gerbang waktu antar dimensi. (Ya, kalau nggak gitu nggak ada ceritanya dong. Dan gak ada filmnya. Hehe).

Tapi kali ini sang Terminator bukanlah Arnold Schwarzenegger yang berotot itu, melainkan diperankan oleh Kristina Lokken yang seksi. Arnold memang masih bermain, tapi kali ini ia malah jadi protagonis karena di masa depan sudah diprogram ulang oleh John Connor sendiri untuk menyelamatkan dirinya di waktu muda. Wanita cyborg Terminator seksi berkode TX-lah yang berupaya membunuh teman-teman John Connor yang akan menjadi pejuang di masa depan. Termasuk pula anak Marsekal Madya Robert Brewster yang kelak akan menjadi istri John: Kate Brewster. Jenderal bintang tiga inilah perancang Skynet yang kemudian berontak melawan manusia. Dan kisah berputar pada perjuangan John dan Kate yang dibantu Terminator untuk lolos dari TX. Di film ini, Arnold mengubah kalimatnya yang terkenal dari episode film serial Terminator sebelum yaitu “I’ll be back!” menjadi “I’m back!”

Sebagai film aksi sains-fiksi buatan dekade lalu, film ini masih asyik ditonton saat ini. Special effect-nya sangat bagus, nyaris sempurna. Penonton disuguhi alur cerita memikat yang membuat tak mau beranjak dari kursi. Walau karakter di sini kurang terbangun, namun penonton diharapkan sudah menyaksikan episode-episode sebelumnya sehingga sudah sangat tahu siapa itu John, Kate dan Terminator. Meski di awal film dikisahkan sedikit kilas-balik berbentuk narasi dari John, tetap kurang memadai untuk mengenalkan karakter John sendiri. Toh saya masih tetap memberi nilai tinggi bagi film ini, semata karena memang ciamik dan memikat sebagai tontonan.

Leave a Reply