Resensi Film-Bhayu MH

The Avengers

Year : 2012 Director : Joss Whedon Running Time : 143 mins Genre : , , , , ,
Movie review score
4/5

Inilah film yang lagi happening banget. Bioskop-bioskop Cineplex kita sampai membuka lebih dari satu layar untuk menayangkannya. Di seluruh penjuru dunia, film ini memang sedang jadi box office. Tak kurang dari 373 juta dollar sudah diraihnya.

Di film, ini enam superhero yang merupakan icon dari pemilik merek Marvel bergabung. Film ini bisa dibilang adalah kulminasi dari sejumlah film lain yang kesemuanya diangkat dari komik. Sebutlah Iron Man (2008) dan Iron Man 2 (2011), The Incredible Hulk (2008), Thor (2011) dan Captain America: The First Avenger (2011). Hanya Hawkeye dan Black Widow yang belum dibuatkan filmnya.

Alkisah, Loki yang dikalahkan Thor dalam perebutan tahta Asgard marah. Ia beraliansi dengan makhluk planet lain untuk menyerang bumi. Sementara di bumi, organisasi SHIELD (yang pertama kali diperkenalkan dalam film Iron Man) sedang menyelidiki kubus yang ditemukan Iron Man di dasar laut saat menyelamatkan Captain America yang terkubur di Antartika. Ternyata kubus itu adalah gerbang antar dimensi.

Nick Fury sebagai Direktur SHIELD akhirnya memanggil tim The Avengers. Padahal para superhero itu sempat dinyatakan tak lolos seleksi karena dianggap labil. Hawkeye dan Black Widow yang ditugaskan mencari anggota lainnya.

Setelah seluruh anggota terkumpul, ternyata masih ada masalah ego. Masing-masing merasa tak perlu menuruti perintah atau permintaan yang lain. Satu yang paling sulit justru menahan agar Dr. Bruce Banner tidak berubah wujud menjadi Hulk. Bila ia berubah wujud, justru karena  ia sedang emosi dan tak mengenal lagi mana kawan mana lawan.

Film ini asyik bagi penggemar komik dan action. Di masa lalu, memang sulit mewujudkan film seperti ini. Terutama sekali karena teknologi belum semaju sekarang. Special effect-nya ciamik, walau harus diakui alur ceritanya amat cepat dan terkesan tergesa-gesa. Penonton diharapkan sudah mengenal karakter masing-masing superhero. Sehingga tak perlu lagi diperkenalkan siapa mereka. Bahkan untuk yang belum dibuatkan filmnya seperti Natasha Romanoff The Black Widow dan Hawkeye pun dianggap sudah cukup dikenal. Tak heran sama sekali tak ada penggambaran latar belakang masing-masing karakter. Jadi, bisa dibilang film ini mulai sudah setengah jalan. Para penonton diharapkan sudah tahu sendiri tentang para superhero itu, atau minimal sudah menyaksikan film-film sebelumnya.

Bagi saya, film ini sayang untuk dilewatkan. Meski agak mengantri saat mendapatkan tiketnya, namun worth it lah…

Leave a Reply