Resensi Film-Bhayu MH

Thor: The Dark World

Year : 2013 Director : Alan Taylor Running Time : 112 minutes Genre : , , , , ,
Movie review score
4/5

Jalan Cerita

Beberapa bilyun tahun sebelumnya, Bor ayah Odin bentrok dengan Pangeran Kegelapan bernama Malekith.Ia berupaya menghancurkan seluruh alam semesta menggunakan zat bernama Aether. Setelah berhasil mengalahkan pasukan Malekith termasuk prajurit super bernama Kursed, pasukan Bor mengembalikan mereka ke rumahnya di dimensi dunia (realm) Svartalfheim. Para pengawal Bor menjaga Aether dengan balok batu. Tanpa sepengetahuan Bor, Malekith bersama anak buahnya Algrim dan sepasukan Peri Hitam meloloskan diri.

Di masa kini Asgard, Loki dipenjara karena kejahatan perangnya terhadap Bumi. Sementara itu, Thor bersama rekannya sesama prajurit handal Fandral, Volstagg, dan Sif membasmi pemberontakan di Vanaheim, kampung halaman Hogun teman mereka. Perang itu adalah yang terakhir untuk menegakkan kedamaian di Sembilan Dunia. Para dewa Asgard juga membangun ulang Bifröst alias “Jembatan Pelangi” yang menghubungkan antar dunia, terutama Asgard dengan Bumi. Jembatan ini hancur dua tahun sebelumnya karena pertarungan Loki dan Thor, sebagaimana dapat disaksikan di sekuel film Thor (2011).

Di London, Darcy Lewis, asisten ahli astrofisika Dr. Jane Foster mempekerjakan asisten lagi, seorang lelaki bernama Ian. Darcy mendeteksi adanya aktivitas aneh di sebuah bekas pabrik yang sudah ditinggalkan. Jane yang sudah lama menunggu tanda-tanda semacam itu diberitahunya. Maka, mereka bertiga menuju ke lokasi dan bertemu dengan sekelompok anak kecil yang jadi penunjuk jalan. Di lokasi yang ditunjukkan, ternyata ada fenomena pengabaian hukum fisika. Ada sebuah truk yang melayang begitu saja seolah begitu ringan dan tanpa usaha bisa diputar-putarkan di udara. Tetapi yang paling aneh adalah di dalam gedung, benda-benda yang dilemparkan ke area tertentu menghilang. Jane yang penasaran berjalan-jalan menyelidiki sehingga terpisah dari rekan-rekannya. Tanpa disadarinya, ia masuk ke semacam portal dan diteleportasik dunia lain. Di tempat yang gelap dan penuh batu itu, ia tertarik pada suatu cahaya merah. Saat ia menyentuhnya, cahaya itu merasuk ke dalam dirinya. Jane tidak tahu bahwa itu adalah Aether, zat berbahaya yang bisa jadi senjata antar dimensi dunia.

Di Asgard, para petinggi mempelajari bahwa Convergence, yaitu kejadian amat langka dimana kesembilan dimensi dunia berada dalam kesejajaran, akan segara tiba. Akan ada momentum dimana tercipta portal antar dimensi sehingga memungkinkan perjalananan penghuninya. Heimdal sang penjaga gerbang Bifröst yang mampu melihat antar dimensi memperingatkan Thor bahwa menghilangnya Jane akan membuat Thor terpancing mencarinya. Setiba di Bumi dengan dramatis, karena ‘datang dari langit’ dengan sinar terang, Jane yang jengkel ditinggal pergi Thor menamparnya bak pacar manusia biasa. Ketika polisi mengepung, tanpa sengaja Jane melepaskan kekuatan yang tidak lazim bagi Bumi, Thor pun segera membawanya ke Asgard. Di sana, ia diperkenalkan pada ayah dan ibunya. Tetapi karena kondisinya teracuni Aether, segera ia di bawa ke ahli penyembuhan. Sayangnya, mereka menyatakan tidak mampu mengatasinya. Odin mengenali apa yang terjadi pada Jane sebagai efek dari Aether. Ia memperingatkan zat itu bisa membunuh Jane, tetapi yang lebih dikuatirkannya adalah bila zat itu sampai terlepas di luar kendali, maka akan mengakibatkan kehancuran total di seluruh dimensi dunia.

Terlepasnya Aether ternyata dideteksi juga oleh Malekitgh. Ia mengirimkan Algrim untuk membangkitkan Kursed dan menyerang Asgard. Mereka langsung mencari Jane karena tahu tubuhnya mengandung Aether. Para pengawal istana dapat dilumpuhkan, bahkan mereka membunuh Frigga, Ratu Asgard dan ibunda Thor. Odin memerintahkan agar tidak ada yang meninggalkan Asgard, tetapi Thor terdorong kematian ibunya hendak mengejar para penyerang. Maka, ia pun membebaskan Loki di penjara dan mengajaknya bekerjasama. Ia menjadi pemandu jalan menuju portal rahasia ke dunia Malekith. Setelah berhasil menghindari kejaran prajurit Asgard yang berupaya mencegahnya pergi, Thor dan teman-temannya menyeberang dimensi ke Svartalfheim menggunakan pesawat angkasa milik Peri Hitam. Mereka membawa serta Jane untuk menjauhkannya dari Asgard.

Di Svartalfheim, Loki mengakali Malekith agar menarik Aether keluar dari tubuh Jane. Bagaimanapun caranya, usaha Thor menghancurkan substansi itu gagal. Malekith yang sudah memasukkan Aether ke dalam dirinya kabur dengan pesawat angkasa. Sementara Loki terluka saat membunuh Algrim. Thor membopong Loki di lengannya, berjanji akan mengatakan pada Odin ayah mereka tentang kepahlawanan Loki yang mengorbankan diri. Thor dan Jane kemudian menemukan portal lain di dekat gua yang ternyata menghubungkan mereka dengan bangunan pabrik terbengkalai di London.

Mereka lantas membebaskan Dr. Erik Selvig, mentor Jane yang dimasukkan rumah sakit jiwa karena berkeliaran telanjang dengan alat pendeteksi antar dimensi. Ia berupaya mencari portal untuk perjalanan antar dimensi dunia dan gembira begitu bertemu kembali dengan Jane dan Thor. Bersama-sama, mereka mempelajari rencana Malekith untuk melepaskan Aether guna menghancurkan dunia. Diprediksi ia akan melakukannya di Greenwich, pusat Convergence.

Dugaan mereka benar sehingga Thor pun berkelahi melawan Malekith. Sayangnya portal memisahkan mereka sehingga Malekith tanpa lawan dan leluasa merajalela. Thor berhasil kembali ke Bumi tepat waktu dan menggunakan alat ilmiah milik Dr. Erik Selvig untuk mengirim kembali Malekith ke Svartalfheim. Di sana, ia dapat dibunuh sebelum ia menghancurkan dunia.

Thor kembali ke Asgard, dimana ia menolak tawaran Odin untuk mengambil alih tahta. Ia juga mengatakan kepada Odin tentang pengorbanan Loki. Setelah ia pergi, ternyata sosok Odin yang tadi dihadapi Thor adalah Loki yang memang mampu beralih rupa.

Di tengah-tengah credit-title, ada adegan Volstagg dan Sif mengunjung “Kolektor” dan mempercayakan Aether dalam penjagaannya. Mereka berkomentar, dengan Tesseract lebih dulu ada di Asgard, berarti dua “Batu Tak Ternilai” yang berdekatan menjadi sangat berbahaya. Ketika keduanya pergi, “Kolektor” berkata, “Satu jatuh, tinggal lima lagi”. Pasca credit-title, ada adegan dimana Jane dan Thor bersatu kembali di Bumi.Tanpa mereka sadari di bagian lain London, sesosok monster beku dari dimensi Jotunheim terkirim ke Bumi saat peperangan terakhir. Dan ia melanjutkan aksi amukannya.

Leave a Reply