Resensi Film-Bhayu MH

(X-Men) The Wolverine

Year : 2013 Director : James Mangold Running Time : 126 minutes Genre : , , , , ,
Movie review score
4/5

Jalan Cerita

Pada tahun 1945, Logan ditahan oleh tentara Jepang sebagai tawanan perang (POW=Prisoner Of War) dekat Nagasaki. Saat pesawat A.S. menjatuhkan bom atom, Logan menyelamatkan seorang perwira Jepang bernama Yashida dan melindunginya dari ledakan.

Kisah melompat ke masa kini, dimana Logan hidup sebagai gelandangan di Yukon. Ia dihantui oleh bayangan Jean Grey. Karena di film sekual X-Men: The Last Stand (2006) sebelumnya, Logan terpaksa membunuh Jean Grey karena kekuatan psikokinetiknya tak terbendung dan membahayakan. Logan yang sebenarnya jatuh cinta kepada Jean-Grey begitu menyesali hal itu, dimana saat mimpi Jean Grey pun menyalahkan dirinya.

Saat sedang berada di bar dan akan terlibat perkelahian, ia dicegah oleh Yukio. Selain ahli beladiri menggunakan samurai, Yukon juga seorang mutant dengan kemampuan untuk melihat masa depan dan kematian orang lain. Ia mengundang Logan untuk berkunjung ke Tokyo-Jepang atas perintah dari Yashida. Setelah diselamatkan Logan, Yashida mendirikan perusahaan berbasis teknologi dan ia menjadi CEO-nya. Tetapi kini ia sudah tua dan sekarat karena kanker, maka ia hendak membayar hutang budinya kepada Logan.

the-wolverine-cover-creatorDi Tokyo, Logan bertemu dengan anak Yashida bernama Shingen dan cucu perempuannya Mariko. Di rumahnya yang dilengkapi peralatan penunjang kehidupan, Yashida berusaha membujuk Logan agar mentransfer kekuatan mutant yang dimilikinya kepada dirinya yang sekarat. Kekuatan itu adalah penyembuhan sel tubuh secara cepat dan dengan demikian justru mencabut keabadian Logan yang dianggapnya kutukan. Logan menolaknya dan bersiap pergi keesokan harinya. Malam itu, dokter pribadi Yashida Dr. Green (atau Viper) memasukkan sesuatu ke dalam tubuh Logan, tetapi Logan menganggapnya cuma mimpi belaka dan mengabaikannya.

Pagi hari berikutnya, Logan diberikan informasi bahwa Yashida telah tewas. Ia pun ikut menghadiri pemakamannya yang ramai pelayat. Logan sempat melihat salah satu pendeta Shinto memakai tattoo, yang jelas tidak diperbolehkan. Dan ternyata benar mereka adalah geng Yakuza yang berusaha menculik Mariko. Melihat itu, Logan berupaya mencegahnya. Ia dibantu oleh Yukio dan seorang ninja ahli memanah, Kenuichio Harada. Dia adalah Kepala Klan Ninja Hitam, mantan kekasih Mariko yang telah bersumpah akan melindungi keluarga Yashida.

Setelah melalui pertarungan sengit, Logan berhasil menyelamatkan Mariko. Mereka menginap di sebuah hotel cinta lokal. Logan tertembak dan ia heran lukanya tidak segera sembuh seperti biasanya. Di saat bersamaan, Harada bertemu Dr. Green yang menunjukkan kekuatan mutant-nya, lantas menuntutnya menemukan Logan dan Mariko.

Logan bersama Mariko menuju ke rumah Yashida di Nagasaki. Mereka berdua pun kemudian saling simpati dan merasa jatuh cinta. Di tempat lain, Yukio melihat visi bahwa di masa depan Logan sekarat. Ia merasa berkewajiban memperingatkan dan mencarinya. Sebelum Yukio tiba, Yakuza berhasil menangkap Mariko. Tetapi kemudian berhasil dibebaskan oleh Logan dan Yukio yang tiba kemudian. Mereka menginterogasi penculik itu dan mengkonfrontasikan keterangan yang mereka peroleh kepada tunangan Mariko, seorang menteri Jepang yang korup bernama Noburo Mori. Ia yang menjabat Menteri Keadilan mengakui bahwa dirinya berkonspirasi dengan Shingen untuk membunuh Mariko. Hal itu karena Yashida menyerahkan kendali perusahaannya kepada Mariko, bukan Shingen.

Mariko dibawa sebelum Shingen tiba di perumahan Yashida. Saat itu kelompok ninja pimpinan Harada tiba dan menyerang serta membawanya pergi. Logan dan Yukio dengan memakai mesin X-ray Yashida mengetahui bahwa di dalam jantung Logan ditanamkan parasit robotic yang menyebabkan kemampuan penyembuhannya berkurang. Logan menyobek dadanya dan mengambil perangkat itu. Saat sedang mengoperasi dirinya sendiri, Shingen menyerang tetapi dapat ditahan oleh Yukio hingga Logan berhasil memulihkan dirinya sendiri dan membunuhnya.

Logan mengikuti jejak Mariko ke desa tempat kelahiran Yashida. Di sana, ia ditangkap oleh ninja dari klan Harada.Ia ditempatkan di sebuah mesin oleh Dr. Green, yang mengungkapkan rencananya untuk mengambil kemampuan mutant logan untuk menyembuhkan diri sendiri secara cepat. Ia lantas memperkenalkan ciptaannya yang diberi nama “Silver Samurai”, sesosok robot mekanik-elektris dengan pakaian perang khas Jepang dan dipersenjatai dengan pedang yang dibuat dari adamantium.

Sementara itu, Mariko berhasil lolos dari Harada, yang ia percaya cuma pura-pura jatuh cinta kepadanya, dan membebaskan Logan dari mesin. Harada melihat kesalahannya dan dibunuh oleh Silver Samurai saat mencoba menolong Logan meloloskan diri.

The-Wolverine-Movie-PosterYukio pun kemudian tiba di lokasi dan membunuh Dr. Green. Logan juga bertarung melawan Silver Samurai. Karena memiliki pedang berbahan adamantium, ia berhasil memotong cakar Logan. Ia pun mulai mengadopsi kekuatan penyembuhan sendiri Logan. Terungkaplah bahwa Silver Samurai sebenarnya adalah Yashida yang memalsukan kematiannya sendiri. Ketika Yashida mulai mendapatkan kembali kemudaannya, Mariko menusuk perutnya dengan cakar adamantium Logan yang tergeletak patah. Logan menumbuhkan kembali cakar tulangnya dan membunuh Yashida. Logan kemudian pingsan dan kembali mengalami mimpi halusinasi tentang Jean-Grey. Ia kemudian memutuskan untuk pada akhirnya ikhlas melepaskan wanita yang dicintainya itu pergi.

Mariko kemudian menjadi CEO Yashida Corporation dan mengucapkan selamat tinggal kepada Logan yang bersiap meninggalkan Jepang. Yukio bersumpah akan tetap di samping Logan sebagai pengawalnya, dan mereka kemudian pergi ke tempat yang tak diketahui.

Pasca film, di tengah penayangan credit-title, Logan digambarkan kembali ke Amerika SErikat dua tahun kemudian. Di bandar udara, ia didekati oleh Magneto dan Profesor X. Mereka memperingatkan adanya peningkatan ancaman terhadap ras mutant. Ini memberikan semacam petunjuk awl untuk sekuel film berikutnya, yaitu X-Men: Days of Future Past (2014).

Leave a Reply